Tips Sukses Launching Produk Baru

Tips Sukses Launching Produk Baru

Pada setiap usaha baru, pastilah agar produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang baru berdiri tersebut harus dapat diperkenalkan kepada masyarakat luas sehingga terciptalah penjualan. Perusahaan baik berskala kecil, sedang dan besar, akan mampu bertahan di dalam persaingan yang terjadi di pasar konsumen jika produk yang di pasarkannya memikat hati konsumen dan dapat membuat konsumen untuk tertarik untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

Sayangnya, bagi suatu produk baru yang baru saja diluncurkan, memerlukan usaha yang cukup keras untuk dapat dikenal bahkan digunakan oleh masyarakat. Bahkan di beberapa kasus, jangankan untuk menjual, mendapatkan seseorang yang mau mencoba produk kita ketika kita mengadakan pameran pun sangat sulit.

Kebanyakan konsumen menghindari produk baru yang belum mereka kenal dengan berbagai alasan. Alasan-alasan yang paling umum dan paling sering diungkapkan adalah :

  • Ada keraguan di hati para konsumen untuk mencoba produk baru karena mereka tidak mengenal perusahaan tersebut dengan baik, tidak ada informasi yang jelas mengenai perusahaan tersebut atau perusahaan tersebut telah terkenal dengan reputasi produknya yang buruk.
  • Di lain pihak, ada lagi konsumen yang tidak mau menggunakan produk baru yang belum familiar di masyarakat karena tidak adanya jaminan bahwa perusahaan penjual produk baru tersebut akan tetap berdiri tiga atau enam bulan ke depan. Akan sangat merepotkan bagi para konsumen jika harus membeli produk yang dalam enam bulan kemudian ternyata mengalami kerusakan, namun ketika hendak memperbaiki produk tersebut ternyata perusahaan penjual produk tersebut telah bangkrut.
  • Ada lagi konsumen yang tidak mau menggunakan produk baru karena sudah terbiasa menggunakan produk lain yang dikenalnya serta menganggap bahwa untuk mempelajari sesuatu yang baru jelas akan membuang banyak waktu.

Adanya banyak alasan yang timbul akhirnya membuat pengenalan produk baru kepada pelanggan menjadi terasa sulit bahkan kadang-kadang harus mengerahkan seluruh tenaga dan berjuang.  Hal ini sangat perlu dilakukan karena ketika produk baru yang kita luncurkan ternyata mampu mendapatkan tempat di pasar konsumen, maka kelangsungan usaha kita pun akan menjadi terjamin bahkan ada kemungkinan besar untuk memperoleh keuntungan. Namun jika tidak ada satu pun produk yang terjual dalam satu bulan, maka jelas usaha yang kita bangun ini akan mengalami kerugian dan jika dibiarkan terjadi terlalu lama, usaha tersebut dapat mengalami kebangkrutan.

Berikut ini adalah beberapa tips sukses launching produk baru yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Mengenalkan produk baru yang dihasilkan atau dijual oleh perusahaan kita kepada masyarakat luas dapat menggunakan berbagai macam cara. Cara yang paling tepat sasaran sebenarnya adalah dengan mengadakan pameran produk di berbagai pusat perbelanjaan dan pusat keramaian. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan membagikan brosur, katalog atau brosur.
  • Menerjunkan tim sales langsung ke lapangan dengan membaca contoh produk. Pernah melihat iklan pompa air yang sebenarnya banyak sekali merek dan jenisnya. Salah satu perusahaan pemilik produk pompa air tersebut  ada yang pernah menerjunkan langsung tim pemasarannya ke lapangan, membawa contoh produk pompa air mereka dan langsung mempraktekkannya di rumah-rumah konsumen yang mereka kunjungi. Dari situlah, lama kelamaan produk tersebut akhirnya dikenal oleh masyarakat dan saat ini masuk dalam jajaran pompa air yang cukup laris dan banyak digunakan oleh konsumen.
  • Promo harga saat launching produk baru juga bisa dilakukan untuk menarik minat konsumen mencoba produk baru yang berharga lebih murah dari produk yang sudah ada namun memiliki kualitas yang sama.
  • Pada saat pengenalan produk baru ini kepada para pelanggan, sebaiknya kita benar-benar menguasai produk knowledge beserta kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Selain itu, kita juga harus memberikan penjelasan mengenai layanan after sales yang akan didapatkan oleh pelanggan yang membeli produk tersebut seperti misalnya adalah garansi servis, replace produk jika ditemukan kegagalan produk atau layanan pelanggan dua puluh empat jam.
  • Ketika menawarkan produk kita, hendaknya tidak bersikap seperti sales produk kebanyakan yang hanya berbicara mengenai produk saja. Seharusnya yang terlebih dahulu kita lakukan adalah mencoba mengetahui kebutuhan pelanggan, mendengarkan apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka harapkan dari sebuah produk serta memahami jika ada kekecewaan yang pernah terjadi dari pengalaman konsumen terhadap produk sejenis yang pernah mereka alami. Dari pengalaman kekecewaan tersebut maka kita bisa lebih menonjolkan kelebihan produk yang mereka tawarkan atau kita bahkan bisa memberikan solusi terbaik terhadap kebutuhan yang mereka inginkan namun belum terpenuhi hingga sekarang.
  • Jika konsumen masih meragukan kualitas produk yang kita tawarkan, ada baiknya kita berikan tester atau contoh produk untuk langsung dicoba dan dinilai kualitasnya. Untuk beberapa jenis produk seperti makanan dan minuman, cara pemberian tester ini cukup manjur. Begitu pula dengan produk parfum. Namun di beberapa produk lain, kita tidak bisa begitu saja memberikan tester seperti misalnya produk otomotif, tetapi langkah lain yang bisa kita coba adalah memberikan fasilitas test drive atau uji coba terhadap produk secara langsung dengan arahan dan pengawasan dari kita.

Tips sukses dalam mengenalkan produk baru tersebut bisa kita coba satu per satu sambil kita membuat catatan keberhasilannya. Jika ada kegagalan maka evaluasi kembali mengapa kegagalan tersebut dapat terjadi. Namun jika berhasil, kembangkanlah cara-cara tersebut untuk meningkatkan angka penjualan produk baru kita tersebut. [MA/kabarukm.com]

foto: bigmoneyweb.com

Share Kabar UKM: Share on Facebook2Tweet about this on Twitter7Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on TumblrEmail this to someone

Kabar UKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *