Tips Cara Mendapatkan Pelanggan

Tips Cara Mendapatkan Pelanggan

Banyak cara untuk mendapatkan pelanggan. Seorang pemilik usaha di bidang apapun yang dijalankannya pastilah membutuhkan para pelanggan yang akan membeli dan memanfaatkan produk dan jasa yang dihasilkannya. Tanpa pelanggan maka usaha akan jalan di tempat atau bahkan dapat membawa kebangkrutan karena tidak ada satu pun produk dan jasa yang bisa dijual. Karena itu, dibutuhkan usaha yang kreatif untuk memiliki segudang ide bagaimana caranya mendapatkan pelanggan-pelanggan potensial yang akan membantunya memenuhi pundi-pundi emasnya.

Cara yang biasa digunakan untuk mendapatkan para pelanggan ini adalah dengan memanfaatkan koneksi dan kenalan. Tahap selanjutnya dari cara mendapatkan pelanggan ini mungkin bisa dengan mencari dan mendapatkan pelanggan dari database yang sudah ada seperti dari buku telepon, dari daftar teman di jejaring sosial atau database yang bisa didapatkan dengan mudah di internet. Namun selanjutnya, sebagai seorang pemilik usaha yang ingin usahanya berkembang semakin besar, maka ia harus terus mengembangkan jaringannya dan mendapatkan lebih banyak lagi pelanggan diluar dari database yang dimilikinya itu

Ada  banyak cara mendapatkan pelanggan yang bisa kita coba satu per satu :

1. Database

Database adalah sumber utama kita untuk mendapatkan pelanggan. Manfaatkan sebaik mungkin database yang sudah Anda miliki dengan cara :

  • Periksa kembali satu per satu data-data pelanggan yang telah tercantum di database tersebut.
  • Periksa mana pelanggan yang tidak aktif sama sekali, pelanggan yang kurang aktif, pelanggan yang cukup aktif dan pelanggan yang potensial.
  • Lakukan pengelompokkan untuk memudahkan pengecekkan
  • Hubungi pelanggan-pelanggan yang sama sekali tidak aktif. Cari tahu mengapa mereka tidak aktif, buat catatan untuk ditindak lanjuti. Jika ada keluhan atau ketidakpuasan yang mereka alami, maka segera lakukan perbaikan karena bisa saja pelanggan-pelanggan yang tidak aktif ini adalah pelanggan-pelanggan potensial.
  • Hubungi pula pelanggan-pelanggan kurang aktif dan cukup aktif. Cari tahu lebih banyak lagi akan kebutuhan mereka yang bisa kita penuhi. Bina hubungan baik untuk menciptakan peluang yang tidak aktif ini akan berkembang menjadi pelanggan yang potensial.
  • Mintalah referensi kepada pelanggan-pelanggan kita yang aktif. Biasanya, dengan hubungan baik yang telah kita jalan dengan mereka, maka mereka akan dengan senang hati membantu kita untuk memberikan referensi.
  • Pemanfaatan database yang baik dan efektif akan menjadi cara mendapatkan pelanggan yang paling jitu, yang akan membantu kita untuk mengembangkan usaha yang kita jalankan menjadi lebih besar dan menjadi lebih berkembang.

2. Mengembangkan Jaringan

Sebagai seorang pemilik usaha, kita tidak bisa terlepas begitu saja dari kehidupan sosial yang luas. Karena dari kehidupan sosial inilah maka kita akan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Dengan kata lain, setiap pemilik usaha pastilah kita  memerlukan jaringan/networking yang luas agar  kita dapat mengembangkan usaha yang kita jalankan sesuai dengan yang kita harapkan. Untuk itu mulailah membuka diri dengan rajin-rajin mengikuti berbagai seminar, berkumpul dengan berbagai komunitas terutama komunitas para pemilik usaha yang ada di kota kita. Atau kita juga bisa datang ke berbagai pameran yang di selenggarakan di kota kita untuk melihat peluang dan mengembangkan jaringan.

Yang perlu dilakukan untuk mengembangkan jaringan adalah :

  • Bertukar kartu nama.

Memiliki kartu nama sangat penting bagi seorang pemilik usaha. Karena dengan kartu nama inilah kita bisa memperkenalkan diri dan usaha yang sedang kita jalankan pada kenalan baru, teman atau relasi yang tidak sengaja kita temui di berbagai kesempatan. Untuk itu, kita harus selalu membawa kartu nama kita dan ajaklah kenalan yang baru kita temui untuk bertukar kartu nama.

  • Berkenalan dengan berbagai orang dari berbagai kalangan.

Ramah dan tebarlah senyum untuk memulai suatu perkenalan dalam suatu acara. Dengan menambah kenalan dari berbagai kalangan maka kita akan mampu memperbanyak orang-orang yang akan membantu menambah besar jaringan yang sudah kita miliki.

  • Aktif di suatu komunitas

Bersikaplah aktif di suatu komunitas agar orang dapat “melihat” diri kita dan berkeinginan untuk mengenal kita. Syukur-syukur setelah mengenal kita mereka akan mengajak kita bekerjasama.

3. Memasarkan Diri Sendiri

Sebagai seorang pemilik usaha yang sedang mencoba berbagai cara mendapatkan pelanggan, kita harus memulainya dengan memasarkan diri kita serta memperkenalkan usaha yang sedang kita jalankan. Ada banyak media yang dapat kita manfaatkan untuk kegiatan memasarkan diri kita ini seperti blog, Facebook, Twitter dan situs jejaring sosial lainnya. Kita bisa mulai memasarkan diri kita dan usaha kita dengan cara memberikan sedikit review atau deskripsi yang menggambarkan diri kita termasuk juga mengulas tentang berbagai produk dan jasa yang disediakan di dalam usaha yang sedang kita jalankan. Dengan cara memasarkan diri sendiri ini diharapkan akan semakin banyak orang yang mengenal kita sehingga akan semakin banyak pula peluang penjualan yang mungkin akan terbuka.

4. Meminta Referensi

Mintalah referensi dari orang tua, saudara, keluarga, tetangga, bahkan teman-teman Anda. Meminta referensi ini merupakan cara mendapatkan pelanggan baru yang efektif dan efisien karena referensi ini kita dapatkan dari orang-orang yang kita percaya dan biasanya para calon pelanggan kita juga akan lebih mudah menerima kita jika kita menyebutkan siapa pemberi referensinya. Akan lebih mudah masuk ke seseorang yang baru kita kenal dengan menyebutkan nama orang lain yang juga mereka kenal.

foto: usatoday.net

Share Kabar UKM: Share on Facebook0Tweet about this on Twitter13Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on TumblrEmail this to someone

Kabar UKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *