Sulaiman, Pebisnis Telur Asin “Adon Jaya”, Sidoarjo

Sulaiman, Pebisnis Telur Asin “Adon Jaya”, Sidoarjo

Pernakah Anda menikmati telur asin rasa kepiting, udang, dan ikan salmon? Ya, telur bebek meranti yang diasinkan tersebut saat ini bukan hanya memiliki rasa original saja. Jika dulu kita hanya mengenal telur asin masir dan tidak. Maka pebisnis telur asin kampung bebek Sidoarjo, Jawa Timur melakukan inovasi dengan menampilkan telur berwarna biru tersebut dalam balutan aneka rasa.

Demikian pula yang dilakukan oleh Sulaiman, bapak dua orang putra yang setiap harinya bisa menghasilkan 1350 telur asin aneka rasa. Dengan harga jual rata-rata Rp2.000,00 – Rp2.500,00 per butir. Bapak Sulaiman memulai bisnisnya semenjak tahun 1987. Sebelumnya beliau adalah pengembala bebek. Saat itu bebek belum lazim diternakkan di dalam kandang. Agar bebek bisa berkembang dengan baik dan sehat, pengembala harus mengiringi bebek-bebek tersebut berjalan ke sana ke mari mencari makanan berupa cacing tanah serta berenang di empang.

Dari mengembala bebek tersebut, lama kelamaan bapak Sulaiman berpikiran dia harus mengubah hidupnya. Setelah menikah dan memiliki anak, tak mungkin lagi dia menyandarkan hidup dari profesi tersebut. Akhirnya dengan berbekal tekad yang kuat dan keyakinan akan kuasa Allah SWT mulailah pak Sulaiman belajar membuat telur asin. Sebelum mampu memiliki bebek sendiri, bahan baku telur didapatkannya dari membeli di peternak. Awalnya telur asin yang dibuat adalah telur asin biasa, ada yang kualitas istimewa dan sedang. Kualitas istimewa didapatkan ketika telur bebek memiliki ukuran besar dan diperam dalam jangka waktu lebih dari 20 hari. Telur asin kualitas istimewa ini berasa masir, kuning telurnya berwarna kemerahan dengan sedikit lelehan minyak ketika dibelah menjadi dua. Sedangkan kualitas sedang didapatkan dari telur bebek berukuran sedikit lebih kecil dengan masa perendaman kurang dari 10 hari.

Awalnya tak semudah yang kita bayangkan, pak Sulaiman berkali-kali mendapatkan telur bebeknya menjadi berjamur ketika diperam. Kadangkala ada konsumen yang protes karena telur asinnya mudah basi serta berasa seperti telur rebus dengan kuning yang tidak masir. Mundurkah beliau? Sama sekali tidak. Dari berbagai kejadian terhadap telur asinnya maka pak Sulaiman bisa menarik satu kesimpulan bahwa pemeraman telur bebek benar-benar perlu diperhatikan. Baik masalah higienisnya bahan baku, lama waktu memeram, dan perebusan telur. Membalut telur bebek dengan abu dari arang batok kelapa atau membakar terlebih dahulu batu-bata yang akan dihaluskan menjadi alternatif mengurangi kemungkinan telur berjamur. Demikian juga masa pemeraman tidak boleh lebih dari 21 hari, sehingga telur tetap utuh dan lezat. Pemeraman juga tidak boleh kurang dari 10 hari untuk mendapatkan rasa masir yang istimewa.

Dari yang semula membuat telur asin, akhirnya lambat laun pak Sulaiman mampu beternak bebek sendiri. Saat ini beliau memiliki tak kurang dari 2000 ekor bebek dengan hasil telur antara 1000-1500 butir per hari. Dengan beternak bebek sendiri ternyata pak Sulaiman lebih leluasa merencanakan kualitas telur asinnya. Bebek yang diberi makan campuran kulit udang, kupang putih, dan bekatul memiliki telur yang sesuai digunakan sebagai bahan baku telur asin. Warna kuning telurnya menjadi kemerahan dengan ukuran telur besar dan bercangkang tebal.

Dari lamanya jam terbang dan banyaknya pesaing, akhirnya pak Sulaiman beserta produsen telur asin di desa Kebonsari kecamatan Candi Sidoarjo yang sering disebut dengan kampung bebek melakukan inovasi besar. Dalam bimbingan dinas perindustrian dan perdagangan Sidoarjo, yang khusus menangani UKM atau Usaha Kecil Menengah maka mereka mengembangkan telur asin aneka rasa. Pemeraman dan pengolahan telur menjadi kunci timbulnya berbagai rasa spesial tersebut. ada rasa kepiting dengan tampilan telur kehitaman karena dimatangkan dengan proses diasap selama 12 jam. Telur asin rasa udang yang dimatangkan dengan cara digoreng. Serta telur asin rasa salmon yang dimatangkan dengan cara dioven.

Inovasi dan kreasi spektakuler tersebut membuat omset pak Sulaiman naik dengan drastis. Saat ini bukan lagi beliau yang menawarkan dagangannya ke pasar dan toko. Tetapi telah banyak permintaan dari dalam kota, luar kota, luar pulau, dan bahkan pasar ekspor. Keuletan, kesabaran, dan kesederhanaan pak Sulaiman yang diiringi dengan do’a serta kerja keras membuat semua mimpinya bisa terwujud. Tiap harinya tak kurang dari dua sampai tiga kali kunjungan diterima pak Sulaiman dengan senang hati. Mulai dari kunjungan anak-anak TK sampai dengan mahasiswa yang tengah menyusun skripsi. Mulai dari sekedar ingin tahu sampai belajar lebih jauh, seperti halnya yang dilakukan oleh penulis. Keramahan dan keterbukaan pak Sulaiman justru mengantarkan beliau pada kesuksesan. Bapak Sulaiman bisa dihubungi di desa Kebonsari kecamatan Candi kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Share Kabar UKM: Share on Facebook14Tweet about this on Twitter17Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on TumblrEmail this to someone

Kabar UKM

17 Comments

  1. Boleh g minta contact person (no hp) pak sulaiman. Ad bbrapa hal yg mau sy tanyakn. Mudah2n bliau mau brbagi info. Trima ksh.
    Wulan (ukm-Kutai Timur, Sangatta, Kaltim)
    HP. 081347486805

  2. saya peternak bebek petelur dan pedaging,. selama ini kami kesulitan dalam masalah pemasaran.. baik pedaging maupun petelurnya.. lokasi kandang ada di balung-jember dan bangil-pasuruan,. boleh minta info kontak pengepul yg mau trima bebek pedaging dan telur ya.. trima kasih atas bantuannya
    dhedhie Hp 085755954267

  3. saya sering bingung dengan hasil telur asin saya yang rasanya tdk stabil. dalam satu wadah perendaman asinnya tdk sama. Ada yang kurang asin, ada yang sedang, ada yang asin sekali. bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih.

  4. saya juga minta no hape nya ya,ne no hape ssaya (0812.1523.448)
    wwww.jualjaketmurahblog.wordpress.com

  5. saya minta tolong kirim no nya pak sulaiman di no ini 085655329051,,saya pengen belajar lebih jauh tentang beliau,,thx :)

  6. Boleh minta no hp pak sulaiman gak? saya ingin mengunjungi peternakannya
    Ini no hp saya : 082330773093

  7. Ni nomer hp nya pak sulaiman UD.adon jaya
    - 031-714-884-24 flexi
    - 081-259-593-341 simpati
    - 085-732-429-040 indosat

    salam kami pk sulaiman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *