Peluang Usaha Kecil yang Memiliki Prospek Keuntungan Besar

sumber gambar : http://bit.ly/12167qN

sumber gambar : http://bit.ly/12167qN

Diantara sekian banyak jenis usaha kecil yang dapat kita temukan di sekitar kita, peluang usaha waralaba adalah salah satu yang mendapatkan banyak perhatian. Namun apa sebenarnya waralaba atau yang sering juga disebut usaha franchise tersebut. Ada beberapa versi pengertian dari waralaba, namun kita akan mengambil satu versi saja yaitu yang berasal dari Asosiasi Franchise Indonesia. Menurut lembaga yang menaungi semua franchise atau waralaba di Indonesia ini, waralaba adalah suatu system pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dimana pemilik merek atau franchisor memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dnegan merek, nama, sistem, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Secara umum, sebuah usaha franchise bergerak dengan prinsip diatas sehingga sebenarnya banyak sekali usaha franchise baik kita sadari ataupun tidak. Usaha franchise sendiri sudah berkembang begitu pesat dan sudah begitu banyak usaha seperti ini bermunculan. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin memulai sebuah usaha untuk menambah penghasilan namun belum tahu pasti jenis usaha seperti apa yang Anda akan buka.

Dibandingkan jenis dan peluang usaha yang lain, usaha waralaba memiliki keuntungan tersendiri. Seorang franchisee yag diberikan ijin oleh sang franchisor untuk membuka usaha franchise, tidak perlu bersusah payah untuk memperkenalkan nama atau brand dari usaha mereka. Mereka tinggal membuka usaha tersebut dan tidak perlu lagi berjuang untuk merebut hati pelanggan karena nama franchise mereka sendiri biasanya sudah terkenal dikalangan masyarakat umum. Hal ini tentunya berbeda dengan pelung usaha yang benar-benar baru dan masih harus berjuang dalam usaha promosi dan marketing.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh para franchisee adalah kemudahan dalam system. Mereka tidak perlu repot dalam menata sistem dan keseluruhan proses dalam usaha mereka. Sudah ada standar baku dari franchisor mengenai hal ini bahkan pada beberapa jenis franchise, hal ini sudah termasuk produk atau jasanya sehingga yang perlu dilakukan seorang franchisee adalah membuka usaha mereka dan melayani pelanggan. Hal ini sangat menguntungkan bagi orang-orang yang baru pertama kali terjun dalam dunia usaha dan bisnis serta tidak memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman yang tentunya dibutuhkan dalam mengelola sebuah bisnis.

Sang franchisor itu sendiri tentunya mendapatkan keuntungan dimana mereka bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dan tentu saja bisa memasarkan produk mereka ke lebih banyak orang. Bagaimana dengan biayanya sendiri? Banyak orang ragu untuk memulai usaha franchise atau waralaba karena mereka tidak mampu untuk menyediakan modal awal yang dibutuhkan. Beberapa tahun lalu hal tersebut mungkin benar adanya namun hal tersebut tidak berlaku lagi. Banyaknya jenis usaha franchise yang bermunculan saat ini menunjukkan trend tertentu, dimana banyak dari franchise tersebut ternyata hanya membutuhkan modal yang sangat kecil.

Hal ini sangat menguntungkan bagi orang-orang yang tidak memiliki modal yang banyak. Mereka bisa memulai dengan jenis usaha franchise dengan modal kecil dan perlahan mengembangkannya sampai menjadi besar dimana dalam prosesnya, modal awal yang mereka keluarkan pasti akan kembali. Jenis usaha yang berbeda-beda memungkinkan setiap orang untuk menjalankan usahanya dari manapun mereka berada bahkan dari rumah mereka sendiri. Dengan waralaba,  siapapun juga dapat memulai bisnis mereka sendiri dengan modal yang kecil namun memiliki prospek yang besar dimasa yang akan datang.

Share Kabar UKM: Share on Facebook4Tweet about this on Twitter6Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on TumblrEmail this to someone

Sobat UKM

Sahabat para pengusaha UKM, provocateur entrepreneur, storyteller, dan freelance journalist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *