4 Tips Menulis Bisnis Plan

4 Tips membuat Bisnis Plan

foto source freedigitalphotos.net

Bisnis plan merupakan hal yang sangat penting untuk para wirausaha dalam proses awal pendirian usaha.  Bisnis plan menjadi sangat penting karena bisnis plan akan menjadi dasar-dasar kebijakan untuk mengatur dan mengembangkan bisnis kita sesuai dengan nilai-nilai yang ingin kita tanamkan di dalam bisnis.  Di samping itu, jika modal kita berasal dari pihak ketiga, maka bisnis plan adalah elemen penting yang harus kita siapkan untuk mengutarakan dan memberikan gambaran bagaimana ide, business process, produk dan juga strategi dalam menjalankan usaha tersebut sehingga dapat memberikan pengaruh kepada para investor agar tertarik untuk berinvestasi di perusahaan kita.

Bisnis plan tidaklah harus rigid atau kaku terhadap aturan-aturan tertentu, karena setiap orang memiliki ciri khas masing-masing untuk menyampaikan isinya, ada yang menitik beratkan pada bagaimana bisnis itu adalah sebuah ide yang brilliant, ada juga yang menitik beratkan pada proyeksi keuangan bisnis tersebut, dan ada juga yang menitikberatkan pada strategi-strategi yang disiapkan untuk mendukung usaha tersebut.  Semua itu sah-sah saja, dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan memiliki bisnis plan bukan berarti kita dapat melihat masa depan, tapi dengan memiliki sebuah plan dan memahaminya dalam menjalankan usaha, tentu saja ini dapat membantu kita untuk dapat fokus pada proses mendapatkan hasil daripada berlari kesana kemari seperti hilang arah tanpa panduan.

berikut ada beberapa hal yang perlu kita cermati dalam membuat sebuah bisnis plan adalah :

1. Menetukan target dan hasil yang diinginkan
Profit terkadang bukanlah satu-satunya alasan orang memulai usaha, terkadang orang membuat usaha sebagai pembuktian diri bahwa mereka mampu.  Disini kita dapat memikirkan apa saja nilai-nilai yang di anggap penting dan dapat memberikan competitive advantage dan juga sesuai dengan passion kita sehingga dapat mewujudkan perusahaan yang mencerminkan diri kita, sehingga dalam perjalanannya kita tidak merasa bahwa kita sedang bekerja melainkan berkarya.

2. Kita boleh berencana, tapi masa depan itu selalu berubah
Sebuah plan yang baik adalah plan yang dapat memberikan panduan bagaimana usaha tersebut dijalankan. Rencana-rencana tersebut terdengar mantap dan semua potential problems sudah terdata dalam bisnis plan tersebut.  Tapi, masa depan bukanlah sesuatu yang dapat anda ketahui secara pasti, karena kondisi hari ini dengan esok belum tentu sama, begitu juga dengan potential problems yang ada di dalam usaha kita.  Buatlah kerangka kerja tentang bagaimana kita akan mengelola usaha, baik kesuksesannya dan juga permasalahannya, sehingga kita akan tetap berada di jalur menuju sukses.

3. Anggaplah Bisnis Plan itu layaknya perusahaan kita yang sedang berjalan
Layaknya usaha anda yang anda rawat dan anda kembangkan secara terus-menerus, bisnis plan juga perlu anda kembangkan untuk memberikan gambaran usaha anda pada masa kini dan bagaimana pedoman tersebut harus dapat mengikuti perkembangan zaman.  Problematika yang anda hadapai hari esok belum tentu sama dengan prediksi anda pada waktu anda menulis bisnisplan, kita harus terus meng-update apa saja yang perlu kita lakukan dan mengeliminasi problem-problem yang kita temukan pada perjalanan usaha kita.

4.  Jadikan Visi dan Misi kita sebagai pedoman Hidup
Strategi boleh berubah, kompetisi boleh menjadi tidak ramah, tapi dengan visi dan misi yang kita tuangkan di bisnis plan tersebut memiliki pegangan tentang apa yang ingin kita capai dan bagaimana itu dapat di capai.  Jika kita tidak memegang visi dan misi secara teguh, maka kita dapat dengan mudah menjadi bimbang ketika bertemu dengan kesulitan-kesulitan yang muncul.  Dengan visi dan misi kita memiliki keyakinan bahwa jika kita berpegang teguh pada visi dan misi, maka usaha kita akan terlahir menjadi usaha yang tangguh dan jangan kita lupa bahwa banyak orang sukses adalah sosok yang visioner.

Jadi, sekecil apapun bisnis kita, hendaklah selalu dimulai dengan sebuah bisnis plan. Karena dengan sebuah bisnis plan kita tidak hanya dapat menarik investor dan meningkatkan kepercayaan diri, dengan bisnis plan kita dapat menuai kesuksesan yang kita rencanakan. [YG/kabarukm.com]

Share Kabar UKM: Facebook27Twitter60Google+0LinkedIn0Pinterest0tumblrEmail

Kabar UKM

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *